Monday, April 20, 2015

Kyushu Part 2: Fukuoka and Oita + Yamaguchi!

Masih lanjutan dari liburan musim semi gw tahun ini yang kebanyakan gw pake untuk jalan-jalan dan juga bekerja, perjalanan berikutnya adalah perjalanan ke Kyushu (again?!) yaitu ke Fukuoka dan Oita (+Yamaguchi). Perjalanan gw kali ini ditemani dengan orang Jepang lagi yang merupakan teman ekskul renang gw di univ: thanks to Horibe-kun!

Setelah banyak nyetir dan mabuk laut dengan feri, kali ini kita pergi ke fukuoka dari KIX (Osaka) naik pesawat LCC nya Osaka yang bernama Peach. Berkat pesawat ini banyak mimpi orang yang suka berjalan-jalan menjadi kenyataan lol. Kita dapet tiket PP dari Osaka ke Fukuoka sekitar 8000 yen. Ini pesawat emang suka ngasih harga gila2an, semoga aja mereka ngga ngurangin jumlah avtur di pesawatnya :P.

Setelah sampai di Fukuoka airport, kita langsung menuju ke hakata(博多) station yang terletak cuma 2 stasiun dari stasiun bandara. Karena kita udah lapar kita langsung mencoba hakata ramen yang terkenal itu loh. Kita pergi ke Ippudo (一風堂) yang ada di hakata station. Biarpun gw udah lumayan lama tinggal di sini, gw baru kali kedua ke Ippudo, dan katanya orang2, Ippudo di hakata itu rasanya beda dengan cabang2nya (ntah bener ataupun ngga). Buat temen2 yang ada di jakarta, setahu gw Ippudo juga udah mau atau udah buka di Jakarta. Mungkin bisa dicari buat yang tertarik.

Menu andalannya Ippudo adalah shiromaru(白丸) dan akamaru(赤丸)nya. Dan gw coba akamaru yang artinya bundaran merah karena rasanya yang lebih pedas. Dan ternyata memang maknyuss :D! dan karena perut juga sudah lapar waktu itu.

Akamarunya Ippudo Ramen
Penampak depan Hakata Station

Setelah menyelesaikan urusan perut kita mencari tiket kereta express buat menuju ke arah Oita. Akhirnya kita naik kereta Tokkyu Sonic 25 jurusan Oita (Miyazaki Airport). Tiketnya lumayan mahal kalo ngga salah tp udah ngga ingat harganya berapa karena udah lama juga perginya haha. Hari itu waktu banyak habis di jalan, tp tak apa lah jalan santai sambil istirahat.

Kita jalan sampai Oita station tp memutuskan untuk ke Beppu(別府) karena hari udah semakin sore untuk menikmati tujuan wisata hari pertama yaitu ONSEN haha. Beppu itu terkenal dengan kota onsen, karena banyaknya dan uniknya jumlah onsen yang ada di sana. Ada onsen yang warnanya merah yang mereka sebut neraka, dan kalo kita pergi ke kawasan onsennya dari saluran air di jalannya keluar uap air panas woohoo! Akhirnya kita memutuskan untuk pergi ke hyoutan onsen. Salah satu onsen yang terkenal di sana dengan adanya bentuk permandian yang air panasnya di semprotkan dari atas kepala. Karena semprotanya lumayan kenceng, bisa buat pijit2 badan juga hehehe. (mau ambil foto apa daya ngga bisa lol)

Sauna dari uap sumber air panas untuk kaki (free!)
Sunset di Beppu, ada uap airnya dari berbagai tempat. Kalo siang kalian bisa liat pelangi-pelangi kecil :D

Di hyoutan onsen, kita juga bisa beli onsen tamago (telur onsen) yang direbus di permandian air panas. Buat orang yang demen main harvest moon, ngeliat itu jadi kayak game jadi kenyataan (#eh!) haha. Karena waktu sudah cukup malam dan kita sudah cukup cape, kita kembali ke penginapan di dekat beppu station.

Hari berikutnya kita mengarah ke arah Moji-kou (Pelabuhan Moji) di Fukuoka. Dari sana kita akan ke Yamaguchi untuk makan Fugu (ikan buntel/puffer fish)! Dari Beppu kita naik kereta local pake seishun 18 kippu karena kita anak muda berenergi lol, ke moji-kou lalu dari sana naik speedboat ke Shimonoseki, Yamaguchi prefecture.

Yamaguchi pref adalah prefecture paling selatan honshuu yang berbatasan dengan kyushuu. Untuk ke sana bisa naik speedboat atau jalan lewat tunnel bawah laut (keren kan haha!). Tapi yang paling asik adalah mengunjungi pasar karato (唐戸市場) yang menjual ikan2 fresh yang salah satu komoditi terbesarnya adalah si ikan buntel. Ikan buntel adalah ikan yang mengandung racun, dan orang jepang butuh lisensi untuk memasak ikan ini. Jadi apa yang kami lakukan di sana adalah makan fugu yang di sashimi, di goreng dan di sup haha yummy!

Tampak depan Karato Ichiba (唐戸市場), Shimonoseki
下関
Fugu ricebowl with fugu cutlet, fried fugu, and fugu soup! Around 1600 yen.
Perbatasan fukuoka dengan yamaguchi di tunnel bawah laut. Under2 the sea, under the sea~
Setelah makan dan beli oleh-oleh fugu chikuwa lol, (chikuwa: tube shaped fish cake) kita kembali ke fukuoka dengan berjalan kaki lewat tunnel bawah laut dan yang menarik dari tunnel ini adalah di bawahnya terdapat garis perbatasan antara fukuoka pref dan yamaguchi pref hehe.

Dari sana kita kembali ke fukuoka dan mengunjungi museum bea cukainya Jepang. Karena mojikou adalah pelabuhan yang terkenal dan merupakan pintu masuknya barang2 dari luar Jepang. Di sana diberikan contoh barang-barang dan cara2 yang menarik, seperti bagaimana cara orang-orang dulu menyelundupkan barang ke Jepang, dan dilarangnya barang2 kw1, kw2, dan kw-kw-an masuk ke Jepang lol.

Barang-barang palsu yang masuk ke Jepang.
Salah satu cara penyelundupan pistol
Dari sana kita bergerak kembali ke fukuoka untuk bertemu teman yang bakal kami inepin malemnya haha. Seorang teman Jepang yang kuliah di Kyushu Univ. Malamnya kita ketemu di tempat part time jobnya dan dijamu dengan masakan lezat khas Fukuoka motsu nabe (offal soup) dan minuman khas kyushuu (if you know what i mean)! Thanks to Shinnosuke!

Hari berikutnya kita pergi mengunjungi Ito Campus Kyushu Univ. Univnya gede dan baru, fakultas sains dan teknik berada di sana. Gw selalu senang mengunjungi univ2 yang lumayan bersejarah karena kyushu univ juga merupakan salah satu univ ternama di Jepang.

Dari sana kita ke Dazaifu-tenmangu (太宰府天満宮), ini adalah shinto shrine yang terkenal yang merupakan tempat bersemayamnya Sugawara Michizane seorang pelajar dan politisi di Era Heian. Karena kecerdasannya dia dikaitkan dengan Tenjin yang gw rasa seorang dewa di dalam Shinto. Nah kuil ini sangat terkenal di kalangan pelajar apalagi yang mau ambil tes masuk universitas. Orang Jepang akan rame pergi ke sini untuk berdoa mohon keberuntungan supaya lancar ujiannya. Karena gw ngga menghadapi ujian ya gw makan aja mochi terkenal yang ada di sini yaitu; umegaemochi (梅ヶ枝餅).

Umegaemochi
大宰府天満宮dazaifu tenmangu

Dari sana kita ke Kyushu National Museum (九州国立博物館) yang sangat dekat dengan dazaifu untuk melihat lihat benda bersejarah Jepang. Di sana juga tertulis sedikit sejarah mengenai Indonesia mengenai pulau Maluku yang terkenal rempah-rempahnya. Karena tidak boleh foto2 di dalam museum jadinya cuma foto depannya doank.

Tidak gw sangka bahwa tanggal hari itu adalah tanggal (3/13) yang berarti hari berikutnya adalah White Day, akhirnya kami 3 cowo pergi ke salah satu toko coklat terkenal di Fukuoka yang namanya "Chocolate Shop", toko coklatnya cukup unik, karena cukup besar toko coklatnya berada di dua gedung yang dipisahkan oleh jalan. Setelah menyelesaikan urusan coklat kita pergi untuk menyelesaikan urusan perut, dinner time! Salah satu makanan terkenal dari hakata adalah mizutaki (水たき/chicken broth hotpot), ya wisata gw kalo ngga berkisar makanan ya makanan lagi lol.

水たき(chicken broth hotpot)
福岡の屋台;food stall in fukuoka

Hari itu sebenernya perut gw udah kenyang banget gara2 kebanyakan makan haha. Tp karena masih ada lagi satu tempat yang ingin kita kunjungi yaitu street food stall akhirnya kita jalan2 dulu liat air mancur di mall dan makan lagi yakimono di 屋台 food stall dan ketemu oji-san dan couple dari Korea. The good thing about food stall is we can interact easily with other customers because it's really open and customers are closed to each other.

Hari berikutnya adalah hari terakhir kami di fukuoka. Siangnya kita makan lagi tonkotsu ramen dan menuju ke tempat wisata terakhir yaitu yanagawa (柳川) yang terkenal dari tempat ini adalah unaginya. Kita naik perahu untuk menuruni sungai (川下り) dan melihat alat penangkap unagi dan di sana sedang ada hinamatsuri. Orang-orang disana memasang pajangan hinamatsuri menghadap ke sungai sehingga orang yang naik perahu di sungai bisa melihat pajangan hina matsuri. (Hina matsuri adalah festival untuk merayakan hari anak perempuan).

With My Friend: Horibe-kun! Thanks for planning
most of the trip!
Pajangan festival Hina. Konon harganya mahal banget loh
pajangannya.
 Setelah pulang dari yanagawa, kita kembali ke Hakata karena akan segera pulang ke Osaka. Kita makan satu restoran yang cukup terkenal juga di sana yaitu tempura no hirao tenjin hehe. Liburan musim semi gw belom berakhir karena ada perjalanan ke hiroshima dan Kagawa hehe. Thanks God for giving me a chance to visit these places! :D

1 comment:

Unknown said...

Hi, nice post.

Mau tanya, apakah Kyushu University terbuka untuk visitor yang hanya ingin jalan-jalan di kampus? Sementara saya belum punya kenalan yg kuliah di sana, apakah bisa masuk ke area kampusnya?