Thursday, June 9, 2011

Buah-buah Pemikiran Baru

Halo temen-temen. Di kala saat-saat banyak halangan dan rintangan yang lagi menghadang, ternyata nulis emang paling pas. Saat ini gw lagi menerapkan metode "work hard play hard". Setelah menempuh ujian SNMPTN tertulis, sekarang gw lagi banyak2 istirahat buat belajar lagi yang namanya SIMAK ama beasiswa Jepang. Amin2 bisa dapet yang terbaik deh.

Di fase play hard ini, gw mengisi waktu gw dengan membaca buku yang gw rasa bukunya itu keren banget.



Ini buku yang gw ga sengaja beli ketika nemenin adik gw yang lagi jalan-jalan di gramed kelapa gading. Di tengah banyaknya halangan yang tadi udah gw sebut di atas, judul buku ini ntah kenapa pas banget buat gw: "Ini Pun Akan Berlalu". Gw emang penasaran ama buku yang satu ini, makanya gw maksa2in beli buku ini biarpun bokap gw udah menyelesaikan pembayarannya di kasir.

Sebenernya gw beli dua buku, satunya berjudul klo ga salah "Menertawakan Diri Sendiri" itu buku belom selesai gw baca, tapi bukunya cukup memotivasi.

Buku yang gw tampilin covernya ini emang buku ajib. Bahasanya berat tapi klo lu perlahan-lahan baca artinya cukup mendalam. Buku ini cukup memenuhi otak gw beberapa hari terakhir ini.

Buku ini menjelaskan kepada kita mengenai batin dan fenomena yang mengotori batin kita. Di dunia ini tidak ada sesuatu yang tetap dan pasti, kita sebagai manusia, tidak sekodratinya(sepantasnya) menggantungkan hidup mereka pada sesuatu yang ngga pasti tersebut, karena hanya akan membawa duka. Jika kita sampai pada pemahaman ini, nafsu duniawi kita akan hilang. Manusia yang telah mencapai fase ini melihat kebahagiaan dan kesedihan sebagai suatu yang setara, mereka hanyalah fenomena yang muncul dan hilang, karena memang hanya itulah mereka.

Kebahagiaan adalah saat dimana fenomena yang kita inginkan muncul, sedangkan kesedihan adalah ketika fenomena yang kita inginkan menghilang. Fenomena adalah sesuatu yang tidak pasti. Jika kita mengerti ini, kita tidak akan terlalu bahagia ketika kita menemukan kesenangan kita dan kita juga tidak akan terlalu sedih ketika penderitaan menghantui kita.

Gw rekomendasiin banget buku ini karena kita bisa melihat sesuatunya dari sisi yang sangat berbeda (paling ngga buat gw). Buku ini juga menggugah iman, banyak ajaran yang di dalamnya yang menurut gw kurang sesuai dengan agama yang gw anut. Untuk diketahui, pengarang buku ini adalah seorang Budhist.

Seinget gw buku ini harganya 40 ribuan dan gw rasa worth it banget buat dibeli.

Selamat membaca dan berpusing ria!

Oh ya aga out of topic sih, hari jumat lalu, gw diberi kesempatan ngajar di SMAN 78 buat ngelatih anak OSP. Buat gw pengalaman itu bener2 menyenangkan sekaligus menegangkan. Gw ga bisa tulis banyak di sini, tapi semoga gw bisa mengambil hikmah dari pengalaman gw yang satu ini.

No comments: