Tuesday, July 12, 2011

Spontanitas

Hari ini gw baru aja menyelesaikan tes terakhir perkuliahan gw dengan tes Monbukagakusho sekaligus juga menutup segala kegalauan mengenai universitas yang udah gw mulai sejak gw tes NTU NUS dulu. Gw kurang persiapan dalam menghadapi tes ini, tapi apapun hasilnya semua adalah karya yang di atas.

Tapi entah kenapa, gw memetik sesuatu yang bagus dari pengalaman gw hari ini. Setelah gw berpikir, sebenernya gw bisa mengerjakan tes itu dengan baik, jika gw mempersiapkannya lebih lama.

Gw adalah pribadi yang spontan, cukup spontan dalam segala hal sih menurut gw. Cukup banyak ide yang muncul spontan dari kepala gw, tetapi banyak juga yang spontan hilang. Pribadi seperti ini memiliki beberapa keuntungan dan kerugian menurut pemikiran gw dalam beberapa hari ini.

Keuntungan dari pribadi macam ini, menurut gw adalah kita dimampukan untuk berpikir secara lain, ga selalu sama dengan apa yang orang katakan, punya ide-ide yang inovatif, dsb.

Tetapi seiring dengan kespontanitasannya itu, baik yang spontan muncul dan spontan hilang, membuat pribadi yang seperti ini sulit merencanakan suatu hal. (hal ini gw sadari setelah tes Monbu selesai). Terlalu banyak pemecah fokus di kepala gw, menemukan suatu ide-ide bagus namun tidak di saat yang tepat. Ketika suatu ide bagus muncul, tak kemudian lama hilang, lalu muncul yang baru, pada akhirnya tak ada satupun yang direncanakan secara matang karena terlalu banyaknya ide yang bermunculan.

Berhubung hasil tes gw juga udah ga bisa diubah, apapun hasilnya, gw tetep bersyukur kepada Yang Mahaesa atas bimbingan-Nya karena gw dapet sesuatu dari pengalaman hari ini. Semoga di kemudian hari gw bisa menjadi pribadi yang bisa menentukan pilihan, menentukan rencana, konsisten, dan bisa mencapai kesuksesan (baca: orang sukses) haha.

No comments: