Sunday, January 26, 2014

成人式:Kesempatan Menulis di Selebaran Informasi Gereja

Tiga kanji yang ada di judul tulisan ini adalah 成人式(せいじんしき/seijinshiki), yaitu sebuah upacara yang dimiliki orang Jepang untuk merayakan kedewasaan seseorang (coming of age ceremony) yang diadakan pada hari Senin minggu kedua bulan Januari. Di Jepang, seseorang dianggap dewasa ketika mereka menginjak umur 20 tahun, tidak terkecuali laki-laki atau perempuan. Ketika berusia 20 tahun mereka diberikan hak untuk memberikan suara untuk pemilu, untuk minum minuman beralkohol, untuk memiliki SIM dll. Mereka juga punya kewajiban seperti membayar asuransi pensiun untuk hari tua mereka.

Sebagai orang Indonesia, pada awalnya gw merasa kalo hari tersebut ga terlalu spesial. Tapi di gereja tempat gw biasa pergi juga merayakan perayaan tersebut dengan misa khusus untuk 新成人(orang dewasa baru) sehingga pas hari minggu sebelum hari H nya para "orang dewasa baru" datang dengan jas dan biasanya untuk para perempuan mereka akan memakai kimono (pakaian tradisional Jepang). Hanya satu sebenernya yang pengen gw liat pas seijinshiki ini, yaitu liat cewe Jepang pake kimono.

Jadi pas hari itu yang bakal dirayain ada 6 orang. Perlu diketahui kalo orang Jepang yang beragama Katolik ngga banyak dan jarang anak muda yang pergi ke gereja. Jadi kalo pergi ke gereja banyakan para orang tua saja (baca: kakek2 dan nenek2). Buat orang Jepang sendiri, hari seijinshiki adalah hari untuk reuni dengan teman2 sekolah lama mereka, karena pada hari tersebut mereka pulang  ke tempat kelahiran mereka.

Lanjut ke inti cerita, kalo gw diberikan kesempatan untuk menulis semacam: impresi (感想) mengenai seijinshiki kali ini untuk dimuat di selebaran informasi gereja. Gw senang dapet kesempatan ini karena tulisan gw bakal dibaca sama seluruh orang gereja dan ga lupa juga gw mencantumkan sedikit mengenai CC :D. Jadi ini dia hasil print out nya:

Tulisan gw di tengah + logo SJ

Halaman depan berita 成人式





















Ini adalah pertama kalinya tulisan gw dalam bahasa Jepang secara resmi dipublikasikan. Biarpun lingkupnya kecil tapi gw rasa ini jadi pengalaman yang cukup berkesan buat gw di hari kedewasaan itu sehingga gw ingin berbagi pengalaman di blog kecil ini hehe.

Tulisannya ga terlalu panjang, tapi di sana gw sedikit menjelaskan kalo di Indonesia itu seseorang dianggap sudah dewasa sejak umur 17 tahun dan sedikit keadaan mengenai gereja di Indonesia dan ga lupa gw tulis Ad Maiorem dei Gloriam di akhir tulisan dan sedikit mengenai penjelasannya.

Sekian mengenai sedikit pengalaman yang gw mau bagi pas seijinshiki di Jepang. Pas hari H seijinshikinya ada lagi perayaan yang diadakan oleh pemerintah daerah kota Minoo. Dan di sana pertama kalinya gw menang undian berhadiah dan dapet tiket gratis buat 2 orang main di amusement park gitu gratis selama 5 jam. Di amusement parknya ada bowling, karaoke, mini golf dll. Sama gw juga dapet tiket gratis masuk 温泉 /permandian air panas :D.

Kupon yang gw dapet pas 成人式

No comments: